Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


Euforia Pengamatan GMT di Pustekbang Rumpin
Penulis Berita : Tim Diseminasi Pustekbang • Fotografer : PPES • 09 Mar 2016 • Dibaca : 2241 x ,

Kegiatan Pengamatan GMT di Pustekbang LAPAN Rumpin

Euforia Gerhana Matahari Total (GMT) juga terjadi di Rumpin. Dimana sejak pagi ratusan perwakilan pelajar se-Rumpin mulai dari tingkat SD s.d SLTA antusias mengamati fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) di Pustekbang LAPAN, Rabu (09/03). Momen langka ini sangatlah sayang dilewatkan karena hanya terjadi puluhan tahun sekali di Indonesia.

Untuk memeriahkan momen fenomenal tersebut, Pustekbang menyelenggarakan rangkaian acara mulai dari pembagian gratis kacamata anti radiasi, sholat gerhana berjamaah, pembagian doorprize, serta demo terbang LSU-01.

Oleh karenanya tidak mengherankan sejak pukul 05.00 WIB, seluruh pelajar berbondong-bondong memadati lapangan Pustekbang untuk melihat fenomena alam yang langka ini. Tidak ketinggalan pula Kepala Pusat Teknologi Penerbangan Gunawan S. Prabowo beserta keluarga hadir menyaksikan GMT 2016 ini.

Gerhana Matahari Sebagian di Jabodetabek

Seperti telah diprediksi sebelumnya, Jabodetabek hanya akan mengalami Gerhana Matahari Sebagian karena tidak dilewati umbra (bayangan inti) bulan tetapi dilewati oleh penumbra (bayangan yang lebih terang) bulan.

Prosentase gerhana matahari yang terjadi untuk pulau jawa dan sekitarnya sebesar 88,76 persen. Matahari mulai tertutup bulan pukul 06.20 WIB, bergerak hingga puncaknya pukul 07.20 WIB dan berakhir pada 08.30 WIB.

Saat puncak gerhana, langit Kota Bogor dan sekitarnya terlihat remang-remang selama beberapa menit. Ketika gerhana berlangsung, matahari juga nampak menyerupai sabit putih, tidak seperti lingkaran kuning sebagaimana biasa terlihat.

Meski hanya dilintasi gerhana matahari sebagian, seluruh peserta GMT 2016 tetap merasa senang sekaligus bersyukur masih diberi kesempatan menikmati dan menyaksikan kebesaran Allah SWT.

Untuk diketahui bersama, GMT sebelumnya terjadi pada kurun waktu 33 tahun yang lalu yaitu pada tahun 1983. Sedangkan peristiwa GMT berikutnya setelah tahun 2016 ini diprediksi akan terjadi pada tahun 2023.

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2020 - Pusat Teknologi Penerbangan