Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


Presentasi Laporan Akhir Kerja Praktek Mahasiswa Universitas Nurtanio
12 Apr 2017 • Dibaca : 1079 x ,

Mahasiswa Universitas Nurtanio melakukan presentasi hasil kerja praktek di Ruang Rajawali Pustekbang, Rumpin, Rabu (12/4). Presentasi yang dilakukan oleh Jajang Nur Jaman ini merupakan hasil laporan kerja praktek selama satu bulan di Lab Aerostruktur Pustekbang dibawah bimbingan perekayasa muda LAPAN, Kosim Abdurohman.

Bahasan presentasi yang disampaikan dalam kesempatan ini yaitu Mechanical Properties Komposit Serat E-Glass Cloth 135-Lycal Hasil Manufaktur Vacuum Bagging.

Pemilihan komposit sebagai material pembuatan struktur pesawat, dikarenakan komposit memiliki keunggulan yang baik dalam nilai strength to weight ratio dan ketahanan terhadap korosi.

Rumusan masalah dan tujuan dalam penelitian ini, yaitu untuk mengetahui pengaruh perbedaan fraksi massa terhadap densitas komposit berbahan serat E-glass cloth 135 dengan resin lycal, dan untuk mengetahui pengaruh perbedaan fraksi massa terhadap sifat mekanik komposit berbahan serat E-glass cloth 135 dengan resin lycal menggunakan metode vacuum bagging terhadap beban tarik.

Batasan masalah yang dilakukan dalam penelitian ini, antara lain:
  1. Metode pembuatan dengan menggunakan metode vacuum bagging.
  2. Serat yang digunakan merupakan serat E-glass cloth 135.
  3. Resin yang digunakan yaitu resin lycal dengan perbandingan 3 resin : 1 hardener.
  4. Pengujian densitas menggunakan alat densitometer.
  5. Pengujian sifat mekanik yang dilakukan adalah uji tarik (ASTM D3039) menggunakan alat UTM Tensilon tipe RTF-2410.

Terdapat dua pengujian spesimen dalam penelitian ini yaitu uji densitas dan uji kekuatan tarik. Dilanjutkan dengan proses analisis data, yangmana didapatkan bahwa hampir semua spesimen mengalami kegagalan pada bagian tab length bagian atas, berdasarkan ASTM D3039 diketahui bahwa kerusakan tersebut merupakan jenis kerusakan tipe LAT (Lateral at grip/tab top).

Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian ini, antara lain:
  1. Hasil pengujian densitas menunjukan bahwa semakin banyak kandungan resin pada komposit serat e-glass wr 135- lycal maka semakin besar nilai densitasnya.
  2. Setelah dilakukan pengujian tarik dapat disimpulkan bahwa perbandingan fraksi massa (resin:serat) 34:66 memiliki nilai maksimum stress tertinggi dibandingkan dengan fraksi massa (resin:serat) 30:70 dan 28:72.
  3. Cara manufaktur dengan perbandingan (serat : resin) 40:60, 50:50 dan 70:30 tidak effisien untuk digunakan karena banyak sekali resin yang terbuang dalam proses vacuum bagging karena daya serap serat terhadap resin terbatas.

Kerja praktek ini memiliki manfaat bagi perguruan tinggi, instansi dan mahasiswa. Melalui pola seperti ini diharapkan terwujud sinkronisasi antara kurikulum akademis kampus dengan program teknis litbangyasa yang dilaksanakan di Pustekbang.

Dengan presentasi akan dapat diketahui capaian hasil Kerja Praktek dan Tugas Akhir  mereka, kalaupun ada kekurangan-kekurangan akan mendapatkan saran dan masukan dari pembimbing dan peneliti senior yang menghadiri acara presentasi tersebut.



Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan