Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


Workshop Komurindo dan Kombat 2017
Penulis Berita : Humas/Zk, PPES, Triwid • Fotografer : - • 19 Jul 2017 • Dibaca : 2550 x ,

Workshop Komurindo-Kombat yang berlangsung di Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN, Rumpin selama tiga hari sejak tanggal 19 - 21 Juli mengawali rangkaian agenda tahunan penyelenggaraan Komurindo-Kombat 2017. Diawali dengan workshop muatan balon atmosfer pada hari pertama, wahana sistem kendali pada hari kedua, dan muatan roket pada hari terakhir.

"Workshop ini merupakan sarana mahasiswa untuk bertukar informasi dan pengetahuan terkait kegiatan perlombaan. Kualitas pelaksaaan dan kuantitas peserta kegiatan Komorindo-Kombat setiap tahun terus meningkat. Hal ini akan meningkatkan kompetisi dan persaingan yang positif para peserta", terang Ketua Panitia Komurindo-Kombat 2017, Christianus R. Dewanto saat membuka acara workshop.

Beliau menambahkan, kegiatan Komurindo-Kombat menjadi salah satu cara untuk memperpendek jarak perbedaan penguasaan iptek penerbangan dan antariksa serta dapat memperluas penyebarannya di kalangan perguruan tinggi seluruh Indonesia.

"Melalui kegiatan KOMURINDO-KOMBAT 2017 yang berlangsung pada bulan Agustus mendatang diharapkan dapat meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan. Menumbuhkan nasionalisme mahasiswa dan masyarakat tentang pentingnya menjaga martabat dan kedaulatan dirgantara NKRI melalui penguasaan teknologi penerbangan dan antariksa", ujar Ketua Panitia Komurindo-Kombat 2017, Christianus R. Dewanto saat membuka acara workshop H-1.

Pada hari pertama, kegiatan Workshop Muatan Balon Atmosfer, mengusung tema Observasi Profil Vertikal Atmosfer dan Gas Rumah Kaca. Adapun penjelasan teknis yang diberikan kepada peserta yaitu pembagian frekuensi, presentasi, dan diskusi. Kegiatan tersebut dipandu oleh Dr. Endro Pitiwarno, Dr. Didi Setiadi, Dr. Laras Tursilawati, dan Soni Aulia Rahayu.

Hari berikutnya, kegiatan Workshop Wahana Sistem Kendali, mengusung tema Pemantau Grafis Sikap Luncur Roket Uji Muatan Dalam Visualisasi Odometri Tiga Dimensi dan Pengambilan Foto Dari Ketinggian Pengendalian Roket Electric-Ducted Fan (EDF) Dalam Mencapai Sasaran Secara Horizontal. Adapun materi teknis yang diberikan kepada peserta yaitu penjelasan Roket Kendali oleh Herma Yudhi Irwanto (LAPAN), pemaparan Sistem Kendali oleh Dr. Indrawanto (ITB), dan Kompetisi Muatan Roket oleh Dr. Arif Nur Hakim.

"Kebutuhan mendasar umat manusia di bidang komunikasi dan transportasi antara lain melalui pemanfaatan teknologi roket untuk meluncurkan satelit ke orbit", terang Kepala Pusat Teknologi Roket, Sutrisno saat membuka acara workshop H-2.

Beliau menambahkan, menurutnya teknologi roket termasuk jenis teknologi yang sangat tertutup bagi setiap negara. Suatu negara sulit melakukan alih teknologi dari negara lain, mengingat teknologi ini dapat digunakan untuk kepentingan militer maupun sipil. Diharapkan melalui kompetisi ini akan lahir bibit-bibit unggul yang mencintai dan menguasai teknologi roket di bidang struktur, kendali, maupun elektronika, termasuk sistem kontrol dan muatan roket payloadnya.

"Oleh sebab itu, LAPAN berupaya terus menerus untuk mewujudkan kemandirian. Salah satunya, melalui kegiatan ini, dengan misi menumbuhkembangkan rasa cinta teknologi penerbangan dan antariksa sejak dini". harap Kapusroket.

Hari terakhir workshop diisi dengan pemaparan tentang Muatan Roket. Adapun materi teknis yang diberikan kepada peserta yaitu Pengembangan Teknologi Roket LAPAN oleh Dr. Arif Nur Hakim, Pengantar Teknik Pengukuran - Masalah Sampling oleh Dr. Indrawanto, Design and Stability Roket Komurindo 2017 oleh Yudha Agung, dan Teknis Pelaksanaan Kompetisi yang disampaikan oleh Hermayudhi Irwanto.

Pada tiap sesi workshop, peserta mendapat kesempatan melakukan kunjungan ke berbagai fasilitas dan laboratorium yang ada di lingkungan Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN, antara lain Stasiun Bumi Kendali Satelit, Laboratorium Aerodinamika, Laboratorium Aerostruktur dan Laboratorium Manufaktur. Juga dilakukan presentasi oleh masing-masing tim dan diskusi teknis yang dipandu panitia. Total peserta Komurindo dan Kombat berjumlah 61 tim, terdiri dari 16 tim Muatan Balon Atmosfer, 25 tim Wahana Sistem Kendali, dan 20 tim Muatan Roket.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2020 - Pusat Teknologi Penerbangan