Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


Presentasi Hasil Kerja Praktek Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
18 Aug 2017 • Dibaca : 456 x ,

Tiga mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya melakukan presentasi hasil kerja praktek di Ruang Rajawali Pustekbang, Rumpin, Jumat (18/8).

Adapun beberapa judul laporan kerja praktek yang dipresentasikan dalam kesempatan tersebut, yaitu:
  1. Konstruksi model matematika gerak take-off Pesawat LSU-02 pada launcher oleh Iratdya Winggari
  2. Konstruksi model matematika pada gerak Pesawat LSU-02 dengan memperhitungkan drag dan lift untuk peluncuran pada launcher oleh Mohammad Khoirul Roziq
  3. Perancangan sistem recovery LSU-02 dengan parasut oleh Mohammad Afif Nasrul Anam

Presentasi ini dilakukan seusai para wahasiswa melakukan kerja praktek selama satu bulan di Lab Avionik Pustekbang dengan bimbingan perekayasa muda Ari Sugeng.

Terkait tema atau topik dari kegiatan praktek atau penelitian yang akan dilaksanakan, memperhatikan pada kepentingan atau kebutuhan masing-masing pihak. Artinya, selain mengacu pada basic akademis masing-masing mahasiswa, tema atau topic yang dipilih juga disesuaikan dengan kebutuhan atau peluang yang tersedia  di unit-unit teknis Pustekbang.

Adapun rumusan masalah dan tujuan ilmiah penelitian yang dilakukan oleh Mohammmad Khoirul Roziq adalah guna mengetahui konstruksi model matematika launcher untuk peluncuran pesawat LSU-02, mengetahui kecepatan gerak peluncuran pesawat LSU-02 pada launcher, mengetahui percepatan gerak peluncuran pesawat LSU-02 pada launcher, dan mengukur pengaruh drag dan lift terhadap kecepatan dan percepatan pesawat LSU-02.

Sedangkan, batasan masalah dalam penelitian ini, antara lain:
  1. UAV yang digunakan adalah LSU-02.
  2. Launcher yang digunakan adalah launcher dengan tali banji.
  3. Thrust (gaya dorong) Pesawat LSU-02 bernilai konstan.
  4. Data yang digunakan berasal dari Pustekbang LAPAN.
  5. Software yang digunakan adalah MATLAB 2010.

Melalui penelitian ini didapatkan rancangan model matematika gerak peluncuran LSU-02 dengan menggunakan drag dan lift pada launcher. Model matematika tersebut diselesaikan dengan metode numerik yaitu dengan metode Runge Kutta dan ODE Solver. Dengan metode Runge Kutta menghasilkan kecepatan gerak LSU- 02 sebesar 19.4161 m/s dan percepatan sebesar 6.6131 m/s2 . Sedangkan dengan ODE Solver menghasilkan kecepatan gerak LSU-02 sebesar 19.2497 m/s dan percepatan sebesar 4.7973 m/s2 . Kemudian dilakukan analisa perbandingan pengaruh drag dan lift pada gerak peluncuran pesawat LSU-02 pada launcher. Hasil analisa yang didapatkan yaitu bahwa pengaruh drag dan lift pada gerak peluncuran pesawat LSU-02 pada launcher sangat kecil.

Kerja praktek ini memiliki manfaat bagi Mahasiswa ITS yaitu sebagai sarana dalam mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh dibangku perkuliahan sekaligus menambah wawasan dalam berbagai hal yang ada didalam dunia kerja.

Melalui pola seperti ini diharapkan terwujud sinkronisasi antara kurikulum akademis kampus dengan program teknis litbangyasa yang dilaksanakan di Pustekbang. Dengan presentasi akan dapat diketahui capaian hasil Kerja Praktek dan Tugas Akhir mereka, kalaupun ada kekurangan-kekurangan akan mendapatkan saran dan masukan dari pembimbing dan peneliti senior yang menghadiri acara presentasi tersebut.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan