Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


LSU-02 Tampil Dalam Ritech Expo Hakteknas Ke-22 Makassar
10 Aug 2017 • Dibaca : 581 x ,

Bertempat di Wisma Negara, Centre Point of Indonesia, Makassar, Sulawesi Selatan, puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 2017 berlangsung dari tanggal 10-13 Agustus. Event Hakteknas tahun  ini terasa istimewa, karena Makassar menjadi kota pertama di luar pulau Jawa yang dipilih sebagai tempat puncak perayaan Hakteknas 2017. Karena selama ini perhelatan Hakteknas selalu dilaksanakan di pulau Jawa.

Tahun ini Hakteknas ke-22 mengangkat tema “Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan” dengan subtema “Peran SDM dan Inovasi dalam Pembangunan Maritim Indonesia”. Pemilihan tema tersebut adalah sebagai upaya mendorong terwujudnya visi Pembangunan Poros Maritim Dunia yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi. Tema tersebut merupakan cita-cita besar terhadap manifestasi kedaulatan ekonomi, politik, pertahanan dan keamanan wilayah NKRI serta upaya mendorong pembangunan maritim Indonesia sebagai perwujudan dari penguatan kedaulatan maritime, pengelolaan sumber daya alam secara mandiri dan berkelanjutan, pengembangan infrastruktur secara mandiri dan terpadu dan pengembangan SDM, Iptek dan budaya maritime.

Dalam perhelatan akbar tersebut, LAPAN ikut serta dalam kegiatan Ritech Expo yang berlangsung dari tanggal 10-13 Agustus 2017 di Gedung Wisma Negara, Center Point of Indonesia (CPI) Makassar. Selesai acara pembukaan tanggal 10 Agustus 2017, Wakil Presiden, Jusuf Kalla beserta rombongan berkesempatan berkunjung ke stand LAPAN. Beliau disambut oleh Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, dan  memperoleh penjelasan terkait produk dan aplikasi teknologi LAPAN, khususnya teknologi pesawat tanpa awak LSU-02.

Tipe pesawat tanpa awak ini telah diaplikasikan untuk berbagai misi, seperti misi pemotretan garis pantai bekerjasama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG),  misi pemotretan area kebakaran hutan bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Sumatera Selatan, serta ke depannya akan diaplikasikan untuk pemantauan illegal fishing bekerjasama dengan Satgas 115 Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Pada kesempatan tersebut stand LAPAN juga menampilkan video taxi test pesawat transport nasional N219, hasil kerjasama LAPAN dengan PTDI.

Berbagai hasil citra satelit LAPAN A3 juga ditampilkan di stand LAPAN, diantaranya citra satelit Kota Makassar, juga citra tentang kerusakan terumbu karang di Raja Ampat Papua Barat yang sempat ditabrak oleh kapal pesiar Caledonian Sky, serta video hasil liputan satelit tersebut.

Antusiasme pengunjung pameran selama 5 hari penyelenggaraan cukup tinggi, yang kebanyakan berasal dari kalangan siswa dan mahasiswa di sekitar Makassar. Mereka menilai pameran teknologi ini sangat penting dan berharap ke depannya dapat diselenggarakan kembali di Makassar.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan