Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


Presentasi Hasil Kerja Praktek Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura
Penulis : PPES, TriWid • Media : • 15 Feb 2018 • Dibaca : 394 x ,

Empat mahasiswa Teknik Elektronika dan Instrumentasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta lakukan presentasi hasil kerja praktek di Ruang Design Center Pustekbang, Rumpin, Kamis (15/02).

Bahasan presentasi yang disampaikan dalam kesempatan tersebut, yaitu:

  1. Perancangan dan Analisa Antena Microstrip Patch Omnidirectional Untuk Frekuensi Kerja 3370-3400 MHz Menggunakan Software CST Studio oleh Hanif Pradipta Lancana
  2. Sistem Objek Tracking Berbasis Pemilihan Warna Menggunakan Metode Kontur Momen oleh M.Inyilis Sa’da
  3. Karakteristik Kontrol Panel Surya Genasun Gv – 10 Lithium dengan Kondisi Mengisi Baterai Dan Tidak Mengisi Baterai Untuk Pesawat LSU ( LAPAN SURVEILLANCE UAV) oleh Khorirrur Rohman
  4. Network Time Protocol (NTP) Server Untuk Sinkronasi Waktu Offline Berbasis Raspberry PI oleh Maiske Dwi M.P

Presentasi ini dilakukan seusai para mahasiswa melakukan kerja praktek selama satu bulan di Lab Avionik di bawah bimbingan peneliti muda Yanuar Prabowo, Dewi Anggraeni, Iwan Nofi Yono, dan Prasepvianto

Terkait tema atau topik kegiatan praktek atau penelitian yang dilaksanakan, memperhatikan pada kepentingan atau kebutuhan masing-masing pihak. Artinya, selain mengacu pada basic akademis masing-masing mahasiswa, tema atau topic yang dipilih juga disesuaikan dengan kebutuhan atau peluang yang tersedia  di unit-unit teknis Pustekbang.

Adapun tujuan ilmiah dari penelitian yang dilakukan oleh Hanif Pradipta Lancana adalah merancang antena yang memiliki pola Radiasi Omnidirectional yang bekerja pada FREKUENSI 3370-3400 MHz. Alat ini diharapkan dapat diaplikasikan pada pesawat LSU sehingga dapat meminimize ukuran antena tanpa mengurangi kualitas pemancar.

Sedangkan, batasan masalah dalam penelitian ini, antara lain:

  1. Software yang digunakan untuk merancang dan menganalisa antena adalah CST Studio Suite 2016.
  2. Lebar frekuensi yang disimulasikan pada software adalah 2300 – 4400 MHz, dengan frekuensi kerja yang diharapkan 3370 MHz hingga 3400 MHz, serta frekuensi tengah 3385 MHz.
  3. Belum adanya modul yang bekerja pada frekuensi 3370 MHz – 3400 MHz.
  4. Belum adanya model pesawat LSU pada software CST Studio Suite 2016 sebagai simulasi penempatan antena pada pesawat serta pengaruh badan pesawat terhadap antena yang sudah didesain.

Kerja praktek ini memiliki manfaat bagi mahasiswa yaitu sebagai sarana untuk mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh dibangku perkulianan sekaligus menambah wawasan mengenai dunia kerja.

Melalui pola seperti ini diharapkan terwujud sinkronisasi antara kurikulum akademis kampus dengan program teknis litbangyasa yang dilaksanakan di Pustekbang. Melalui presentasi akan dapat diketahui capaian hasil Kerja Praktek dan Tugas Akhir  mereka, kalaupun ada kekurangan-kekurangan akan mendapatkan saran dan masukan dari pembimbing dan peneliti senior yang menghadiri acara presentasi tersebut.




Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan