Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


HIMAFI UIN SYARIF HIDAYATULLAH KUNJUNGI PUSTEKBANG LAPAN
Penulis Berita : TriWid • Fotografer : AZN • 16 Oct 2019 • Dibaca : 606 x ,

Pusat teknologi penerbangan LAPAN menerima kunjungan Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada rabu (16/10/2019). Rombongan mahasiswa yang berjumlah 90 orang dan 1 dosen pembimbing tersebut diterima oleh PIC Humas Pustekbang, Tri Widodo, M.H. di aula Garuda lantai 2 Gedung Utama Pustekbang.

Dalam sambutannya Tri Widodo menyampaikan secara garis besar program nasional yang sedang dilaksanakan oleh Pustekbang saat ini, yaitu program pengembangan pesawat transport nasional N219 dan program sistem pemantauan maritim berbasis pesawat tanpa awak (Maritime Surveillance System). Selain itu beliau berharap melalui kunjungan studi ini para mahasiswa dapat memperoleh tambahan pengetahuan mengenai inovasi teknologi penerbangan yang sedang dilakukan Pustekbang saat ini. Tak lupa disampaikan bahwa Pustekbang memberikan kesempatan kepada seluruh mahasiswa UIN untuk dapat melaksanakan Kerja Praktek maupun penyusunan Tugas Akhir di Pustekbang. Bahkan tidak menutup kemungkinan setelah selesai pendidikan akademisnya, mereka dapat mengikuti recruitment test pegawai di LAPAN.

Dosen pembimbing UIN Syarif Hidayatullah, Nafian M.Si dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih atas kesediaan Pustekbang LAPAN menerima kunjungan studi dari himpunan mahasiswa fisika UIN. Menurutnya, melalui kunjungan studi ini dimaksudkan agar para mahasiswanya dapat melihat secara nyata penerapan ilmu sains dan teknologi yang dipelajari di universitas dan bagaimana implementasinya dilapangan. Selain itu beliau berharap agar kedepannya terus terjaga silaturahmi antara LAPAN dan UIN Jakarta.

Selesai sesi sambutan dilanjutkan dengan presentasi profil LAPAN dan Pusat Teknologi Penerbangan oleh peneliti Angga Septiyana S,Si. Dengan gaya bahasa yang lugas dan jenaka, Angga mampu memberikan paparan yang menarik seputar teknologi penerbangan dan antariksa kepada seluruh mahasiswa dan dosen.

Suasana menjadi lebih seru ketika seluruh mahasiswa diajak mengikuti kuiz interaktif seputar teknologi penerbangan dan antariksa yang dipandu oleh coordinator humas , Tri Widodo dan Angga Septiyana, S.Si. Bagi sepuluh peserta terbaik yang mampu menjawab dengan benar dan cepat sepuluh pertanyaan kuiz yang diberikan,masing-masing memperoleh hadiah menarik itu seperti buku Sang PSrintis, buku sewindu LSU, Mug LSU LAPAN, pulpen dan juga gantungan kunci pesawat N219.

Menutup sesi pembukaan, seluruh mahasiswa berikut dosen pembimbing dan Tim Humas Pustekbang menyempatkan foto bersama di depan gedung utama Pustekbang. Tak lama kemudian para mahasiswa yang dibagi dalam dua kelompok tersebut bergegas mengunjungi lab terowongan angin subsonik, lab aerostruktur, dan lab manufaktur.

Di lab subsonic para mahasiswa memperoleh penjelasan dari peneliti Pustekbang Ardanto Mohammad Pramutadi, S.T. mengenai spesifikasi dan cara kerja dari terowongan angina subsonic. Lalu pada kunjungan ke Lab Aerostruktur para mahasiswa memperoleh penjelasan mengenai cara kerja drop test landing gear pesawat, wing static test dan UTM oleh peneliti Muksin, S.Si dan Rian Suari Aritonang, S.T. Terakhir di lab manufaktur, para mahasiswa dijelaskan mengenai proses desain dan manufaktur UAV dari teknisi senior Dudi Targani, S.T.

Meskipun kunjungan hanya sampai pukul 12.15 Wib, namun para mahasiswa terlihat cukup puas dengan kunjungan tersebut. Mereka berharap suatu saat dapat singgah kembali ke Pustekbang LAPAN untuk melihat inovasi teknologi penerbangan yang lebih maju lagi. (TW)

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2020 - Pusat Teknologi Penerbangan