Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


SISWA SMP KATOLIK PERMATA BUNDA, DEPOK KUNJUNGI PUSTEKBANG
Penulis Berita : TriWid • Fotografer : TriWid • 30 Oct 2019 • Dibaca : 637 x ,

Pusat Teknologi Penerbangan (Pustekbang) menerima kunjungan perdana dari SMP Katolik Permata Bunda, Depok pada Rabu (30/10/19). Rombongan siswa SMP yang berjumlah 35 orang itu didampingi oleh 5 orang guru pendampingnya. Kedatangan mereka diterima oleh PIC. Humas Pustekbang, Tri Widodo, M.H. di aula Garuda Gedung Utama Pustekbang.

Dalam sambutannya, PIC Humas Pustekbang atas nama pimpinan mengucapkan terimakasih atas kunjungan perdana dari Siswa SMP Katolik Permata Bunda, Depok. Pada kesempatan tersebut PIC Humas Pustekbang menjelaskan secara garis besar mengenai sejarah pendirian, dan program nasional yang sedang dilaksanakan oleh Pustekbang saat ini, yaitu program pengembangan Pesawat Transport Nasional N219, Pesawat N219 Amphibi serta program Sistem Pemantauan Maritim Berbasis Pesawat Tanpa Awak (Maritime Surveillance System). Tri Widodo berharap, agar para siswa dapat memanfaatkan waktu kunjungan dengan sebaik-baiknya untuk menambah wawasan dan pengetahuannya terkait teknologi penerbangan yang sedang dilaksanakan oleh Pustekbang LAPAN. Bak gayung bersambut, Paulus Edi, S.Pd., mewakili guru SMP Katolik Permata Bunda mengucapkan terimakasih atas penerimaan dan sambutan yang hangat dari Tim Humas Pustekbang. Edi juga berharap melalui kunjungan ini dapat meningkatkan wawasan pengetahuan para siswa didiknya tentang hal ihwal teknologi penerbangan di Indonesia, serta dapat meningkatkan motivasi belajarnya setelah kembali ke sekolah.

Selesai sesi sambutan, peneliti Angga Septiyana, S.Si dengan penuh semangat mempresentasikan profile dan sejarah LAPAN, dan dilanjut dengan paparan mengenai hasil litbangyasa Teknologi Penerbangan dan pemanfaatannya. Para siswa selain diberikan penjelasan mengenai pesawat N219 dan pesawat N219 Ampibi yang sedang giat dikembangkan oleh LAPAN dan PT DI, juga diberikan tampilan video mengenai berbagai pesawat LSU yang telah berhasil dirancangbangun dan dimanfaatkan untuk berbagai misi nasional.

Diakhir presentasi, PIC Humas Pustekbang melontarkan beberapa pertanyaan kuiz seputar teknologi penerbangan, yang disambut dengan penuh antusias oleh para siswa. Bagi para siswa dan guru yang berhasil menjawab pertanyaan-pertanyaan kuiz dengan benar, tim humas Pustekbang mengganjarnya dengan hadiah merchandise yang menarik.

Selesai acara pembukaan, para siswa dan tim Humas Pustekbang lakukan foto bersama di aula Garuda, sebelum melanjutkan kunjungan ke beberapa fasilitas lab di lingkungan Pustekbang. Di lab. Manufaktur para siswa dan guru berkesempatan menyaksikan beberapa prototipe pesawat Lapan Surveillance Uav (LSU) mulai dari LSU-02 sampai dengan LSU-05, serta memperoleh penjelasan mengenai proses desain, pencetakan, sampai dengan perakitannya oleh Teknisi Litkayasa Dudi Targani, ST.

Setelah selesai, para siswa melanjutkan kunjungannya ke Stasiun Pengendali Satelit (Ground Station Satellite) LAPAN. Di fasilitas ini para siswa diterima oleh Peneliti Pusat Teknologi Satelit, Sonny Dwi Harsono, S.T., M.Eng. Para siswa memperoleh paparan mengenai teknologi satelit LAPAN, cara operasi serta manfaatnya, termasuk bagaimana cara berkomunikasi via satelit LAPAN A2/LAPAN Orari. Disela-sela pemaparan para siswa silih berganti mengajukan pertanyaan, yang kemudian dijawab oleh Sonny dengan lugas dan mencerahkan. Tak terasa waktu berlalu, kunjungan mereka selesai pada pukul 14.30 Wib. Merekapun berlalu meninggalkan Pustekbang seraya berharap suatu saat dapat berkunjung kembali ke Bumi Sang Perintis ini. (tw)

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2020 - Pusat Teknologi Penerbangan