Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


PUSTEKBANG LAPAN MENGEDUKASI RATUSAN SISWA SDIT ANNAJAH BOGOR
Penulis Berita : TriWid • Fotografer : TriWid • 13 Nov 2019 • Dibaca : 725 x ,

Pada Rabu pagi yang cerah (13/11/019) sekitar 300 ratus siswa SDIT Annajah Rumpin Bogor membanjiri kaki tugu XT-400 di lingkaran boulevard Pusat Teknologi Penerbangan. Dengan didampingi oleh 7 orang Guru pendampingnya mereka berfoto bersama disalah satu spot paling menarik di lingkungan Pustekbang selain spot halaman gedung utama dan taman rusa tentunya.

Kedatangan ”tetangga dekat” Pustekbang tersebut, diterima langsung oleh Kepala Bidang Diseminasi Pustekbang, Dipl. Ing. Agus Bayu Utama, M.Sc.ME, didampingi oleh PIC Humas Pustekbang, Tri Widodo, M.H.

Dalam sambutannya, Kabid Diseminasi menyampaikan terimakasih atas kunjungan siswa-siswi dan guru pendamping dari SDIT Annajah. Beliau berharap melalui kunjungan outing class ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan para siswa dan guru tentang teknologi penerbangan yang ada di Pustekbang LAPAN. Secara ringkas beliau juga menjelaskan tentang bagian-bagian dari pesawat serta bagaimana pesawat itu bisa terbang. Selain itu Agus Bayu juga memotivasi para siswa untuk bisa memanfaatkan waktu kunjungan ini dengan sebaik-baiknya, dengan tidak malu bertanya kepada para para peneliti yang ada. Beliau juga berpesan kepada para siswa untuk selalu tekun belajar agar tercapai apa yang dicita-citakannya.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh pihak Pustekbang, perwakilan guru dari SDIT Annajah, Hilmiyah, S.Pd.I juga menyampaikan terima kasihnya kepada pihak Pustekbang LAPAN yang telah memberikan kesempatan kepada para siswa didiknya untuk melakukan kunjungan ke Pusat Teknologi Penerbangan ini. Melalui kunjungan studi ini dia berharap, selain dapat memperkenalkan kepada siswa didiknya tentang teknologi penerbangan dan antariksa, ia pun merindukan agar suatu saat kelak ada sejumlah siswa didiknya yang bisa menjadi peneliti dan bekerja di LAPAN.

Selesai sesi sambutan, dilanjutkan dengan paparan motivasi dari Pak Atik Bintoro, M.T., APU. Beliau menyemangati para siswa untuk menyukai teknologi penerbangan. Siapa tahu suatu saat bisa menjadi seorang insinyur atau peneliti yang handal. “Banyak enaknya menjadi seorang peneliti di LAPAN” jelas beliau. Selain bisa memperoleh banyak uang, dengan kegiatan atau hasil penelitiannya mereka bisa sering pergi ke luar negeri, bahkan keliling dunia dengan gratis. Selain itu tentunya mereka juga akan memperoleh banyak pengalaman dan teman dari berbagai Negara.

“Apakah kalian mau jadi seorang Peneliti yang bisa sering jalan jalan ke luar negeri?” tanya beliau, yang kemudian dijawab spontan oleh seluruh siswa dengan teriakan, “Mauuuu Pak !!” “Kalau begitu belajarnya harus yang sungguh-sungguh ya ?!” Demikian pesan Pak Atik, yang ternyata dulunya juga sebagai salah satu pendiri Yayasan Pendidikan Annajah.

Tak lama berselang, para siswa diberikan tambahan motivasi lagi oleh Peneliti Angga Septiyana, S.Si. Dengan gaya bahasa yang lugas dan jenaka, Angga mampu memberikan paparan yang menarik kepada seluruh siswa dan guru yang hadir. Paska presentasi seluruh siswa diajak menjawab pertanyaan kuiz seputar teknologi penerbangan dan antariksa yang dipandu oleh Koordinator Humas, Tri Widodo, M.H. Bagi sepuluh siswa dan guru yang mampu menjawab pertanyaan dengan benar, masing-masing mereka memdapat souvenir menarik dari Tim Humas Pustekbang, seperti Mug LSU LAPAN, dan miniature Pesawat rakitan.

Selesai pembukaan, dilanjutkan dengan kegiatan lomba menggambar dan kunjungan ke fasilitas Lab Manufaktur LSU dan Stasiun Bumi Satelit LAPAN.

Kelompok pertama yang berjumlah 150 siswa berkesempatan paling awal untuk mengikuti lomba menggambar pesawat terbang. Sedangkan kelompok kedua dan ketiga yang masing-masing berjumlah 75 orang siswa mengawali kunjungannya ke Lab Manufaktur LSU, dan ke Stasiun Bumi Satelit LAPAN.

Tiba di Lab Manufaktur, para siswa berkesempatan menyaksikan beberapa jenis pesawat tanpa awak Lapan Surveillance UAV (LSU). Selain itu mereka juga memperoleh edukasi mengenai tahapan proses pembuatan pesawat LSU, mulai dari tahap desain sampai dengan perakitan dari teknisi Dudi Targani, ST.

Kemudian pada saat mengunjungi Stasiun Bumi Satelit, para siswa dan guru diterima oleh Peneliti Sonny Dwi Harsono, M.Eng. Disini mereka mendapatkan penjelasan dan visualisasi yang lengkap mengenai teknologi satelit LAPAN.

Disetiap wahana yang dikunjungi para siswa dan guru tampak antusias sekali, ditandai dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh mereka. Namun dengan tulus dan semangat para teknisi dan peneliti mampu memberikan penjelasan yang memuaskan keingintahuan mereka. (tw).

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2020 - Pusat Teknologi Penerbangan