Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


SMPIT UMMUL QURO DEPOK BERKUNJUNG KE PUSTEKBANG
Penulis Berita : TriWid • Fotografer : TriWid • 07 Nov 2019 • Dibaca : 618 x ,

Pada Kamis siang (07/11/019) sekitar 75 siswa SMPIT Ummul Quro Depok beserta 9 orang Guru pendampingnya mengunjungi Pusat Teknologi Penerbangan. Kedatangan mereka diterima langsung oleh Kabag Administrasi Pustekbang, Encung Sumarna, S.T, didampingi oleh PIC Humas Pustekbang, Tri Widodo, M.H.

Dalam sambutannya, Kabag Administrasi menyampaikan terimakasih atas kunjungan siswa dan guru dari SMPIT Ummul Quro Depok. Beliau berharap melalui kunjungan studi ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan para siswa dan guru tentang teknologi penerbangan yang ada di Pustekbang LAPAN.

Beliau berpesan kepada para siswa untuk bisa memanfaatkan waktu kunjungan ini dengan sebaik-baiknya, dengan tidak malu bertanya kepada para para peneliti yang ada. Sehingga dari hasil kunjungan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat para siswa untuk terus tekun belajar agar tercapai cita-citanya.

Senada dengan apa yang disampaikan pihak Pustekbang, Hajmi, S.Pd perwakilan guru SMPIT Ummul Quro juga menyampaikan terima kasihnya kepada pimpinan Pustekbang LAPAN yang telah berkenan menerima kunjungan siswa SMPIT Ummul Quro. Melalui kunjungan ini dia berharap, selain dapat memperkenalkan kepada siswa didiknya tentang teknologi penerbangan dan antariksa, ia pun berharap kunjungan ini dapat meningkatkan motivasi belajar para siswanya setelah kembali ke sekolah.

Selesai sesi sambutan, dilanjutkan dengan pengenalan profile Pusat Teknologi Penerbangan dari Peneliti Angga Septiyana, S.Si. Dengan gaya bahasa yang lugas dan jenaka, Angga mampu memberikan paparan yang menarik kepada seluruh siswa dan guru yang hadir. Paska presentasi seluruh siswa diajak menjawab kuiz seputar teknologi penerbangan dan antariksa dipandu oleh Koordinator Humas, Tri Widodo. Bagi sepuluh siswa dan guru yang mampu menjawab pertanyaan dengan benar, masing-masing mereka memdapat souvenir menarik dari Tim Humas Pustekbang, seperti Buku Sang Perintis, Mug LSU LAPAN, dan miniatur Pesawat.

Selesai pembukaan, rombongan siswa menyempatkan foto bersama di depan gedung Pustekbang, dan dilanjut dengan kunjungan ke fasilitas Lab Manufaktur LSU, Lab Aerostruktur dan Gedung Pusat Arsip LAPAN.

Pada kunjungan pertama, ke Lab Manufaktur LSU, para siswa berkesempatan menyaksikan beberapa jenis pesawat tanpa awak Lapan Surveillance UAV (LSU). Selain itu mereka juga memperoleh edukasi mengenai tahapan proses pembuatan pesawat LSU, mulai dari tahap desain sampai dengan perakitan dari Teknisi Dudi Targani, ST.

Kemudian pada saat mengunjungi lab Aerostruktur, para siswa dan guru memperoleh penjelasan dari Peneliti Muksin, S.Si mengenai cara kerja dari Landing Gear Drop Test, yaitu suatu alat uji yang digunakan untuk menguji kehandalan roda pesawat terbang N219 serta Wing Static Test, yaitu suatu alat untuk menguji kekuatan sayap LSU.

Kemudian pada saat berkunjung ke gedung Pusat Arsip LAPAN, rombongan siswa dan guru diterima oleh Kabag Arsip LAPAN, Nuke Rosdiani, S.Pd. serta beberapa staf arsiparis lainnya. Di sini para siswa diajak menyaksikan video edukasi tentang kearsipan. Dalam video tersebut dijelaskan mengenai pengertian arsip, manfaat arsip, jenis-jenis arsip, sampai dengan cara pengolahan dan penyimpanannya. Selesai menyaksikan video, para siswa memperoleh beberapa pertanyaan dari para Arsiparis LAPAN seputar materi yang telah ditayangkan. Alhasil, bagi para siswa yang berhasil menjawab pertanyaan yang diajukan, mereka memperoleh souvenir dari Tim Arsip LAPAN.

Tak terasa, waktu berlalu dengan cepat, tepat pukul 14.00 Wib. rombongan para siswa mengakhiri kunjungannya. Sebelum berlalu mereka menyempatkan foto bersama di depan Gedung Arsip LAPAN. (tw).

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2020 - Pusat Teknologi Penerbangan