Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


UAV LAPAN LAKUKAN FOTO UDARA PASCA BENCANA BANJIR DAN TANAH LONGSOR DI WILAYAH KECAMATAN SUKAJAYA BOGOR
Penulis Berita : TriWid • Fotografer : TriWid • 07 Jan 2020 • Dibaca : 441 x ,

Tim layanan foto udara Pusat Teknologi Penerbangan (Pustekbang) LAPAN pada Selasa (07/01/2020) telah melaksanakan misi foto udara pada daerah terdampak banjir dan tanah longsor di wilayah Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor.

Tim yang beranggotakan 6 personil, yaitu Edi Sutanta, Atik Bintoro, Arisugeng Budiyanta, Tri Kusuma, Sanwani dan Andri. Berangkat ke lokasi pasca bencana pada hari Senin siang 6 januari 2020. Kedatangan tim Pustekbang ke lokasi diawali dengan penyerahan bantuan sosial kepada koordinator posko bencana di desa Harkat Jaya, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor. Setelah itu tim melakukan koordinasi dengan Kepala Desa setempat dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bogor untuk melaksanakan foto udara desa Harkat Jaya yang terdampak banjir dan longsor.

Desa Harkat Jaya merupakan salah satu desa di kecamatan Sukajaya yang mengalami dampak parah akibat banjir dan tanah longsor pada 1 Januari 2020, selain desa Pasir Madang dan Desa Urug. Bencana banjir dan longsor yang melanda ketiga desa tersebut dikabarkan telah menyebabkan 7 orang meninggal dunia. Dari hasil penelitian Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) kejadian banjir dan longsor di kecamatan Sukajaya tersebut dikarenakan melapuknya batuan breksi vulkanik dan tuft (tumpuk) di lokasi tersebut yang menyebabkan longsor saat terjadi hujan.

Tim Pustekbang melaksanakan kegiatan foto udara di desa Harkatjaya, Kecamatan Sukajaya selama 2 hari, mulai tanggal 6 sampai 7 Januari menggunakan Unmanned Aerial Vehicle (UAV). Kegiatan ini dimaksudkan untuk melengkapi informasi longsor berbasis data satelit penginderaan jauh yang telah dilakukan oleh LAPAN untuk area Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor. Dengan dipiloti oleh peneliti Tri Kusuma UAV LAPAN mengudara di ketinggian 300 m dan segera memotret seluruh area desa Harkatjaya pasca bencana sesuai waypoint yang telah direncanakan.

Dari hasil pemutakhiran, kompilasi dan interpretasi data pemetaan berbasis data satelit dan UAV tersebut, menunjukkan terdapat 20 titik lokasi bangunan rusak dan 5 titik lokasi jalan yang mengalami kerusakan di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor. Data tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan untuk misi evakuasi, reforestrasi daerah longsor, revitalisasi DAS dan pemantauan karhutla untuk wilayah Bogor. (tw)

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2020 - Pusat Teknologi Penerbangan