Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


PELATIHAN ISO 9001:2015 VIRTUAL UNTUK CALON INTERNAL AUDITOR PPID LAPAN
Penulis Berita : TriWid • Fotografer : TriWid • 12 Jun 2020 • Dibaca : 326 x ,

Dalam rangka untuk meningkatkan kompetensi SDM PPID yang profesional, maka pada tanggal 11 dan 12 Juni 2020 telah dilaksanakan Pelatihan ISO 9001:2015 secara virtual. Kegiatan ini diikuti oleh lebih kurang 80 personil PPID dari seluruh satuan kerja di lingkungan LAPAN.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Biro Kerja Sama, Humas, dan Umum LAPAN ini dibuka oleh Sekretaris Utama LAPAN, Prof. Erna Sri Adiningsih pada Kamis (11/06/2020). Dalam arahannya beliau menyampaikan bahwa PPID LAPAN memiliki fungsi dan peran menjadi penyelenggara layanan informasi publik yang unggul di bidang iptek penerbangan dan antariksa berstandar mutu internasional. Hal ini sesuai dengan amanah Renstra LAPAN 2020-2024 yang menekankan implementasi Iptek Penerbangan dan Antariksa pada semua sektor pembangunan, termasuk di dalamnya layanan data dan informasi yang berkelas dunia. Semua kegiatan tersebut harus berorientasi pelayanan informasi publik yang menekankan pada terpenuhinya kepuasan masyarakat yang didasarkan pada standar layanan yang efektif dan efisien. ISO 9001:2015 merupakan parameter standar layanan mutu yang diakui secara internasional. Dengan demikian, apabila layanan publik PPID LAPAN telah terstandar ISO 9001:2015 maka secara legal dan praktek akan meningkatkan nilai reformasi birokrasi LAPAN secara menyeluruh. Hal ini sangat penting, karena kualitas layanan publik ini selaras dengan program Reformasi Birokrasi 2020-2024, yaitu birokrasi berkelas dunia yang memiliki pelayanan publik yang berkualitas.

Pada pelatihan yang berlangsung selama dua hari itu para peserta diberikan bimbingan materi oleh Ade Iman Santoso, ST., dari Prima Nusa Gemilang. Pada hari pertama, para peserta memperoleh materi tentang Training Persyaratan ISO 9001:2015, dan pada hari kedua para peserta memperoleh materi tentang Training Audit Internal. Bertindak selaku moderator dalam kegiatan pelatihan ini yaitu Ir. Jasyanto, M.M., Koordinator Humas LAPAN.

Diakhir setiap sesi pelatihan para peserta diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan seputar materi yang disampaikan oleh pemateri. Sebagai penutup kegiatan pelatihan dua hari tersebut, para peserta mengikuti ujian sertifikasi internal auditor. Dari hasil ujian sertifikasi ini diharapkan dapat dihasilkan sejumlah calon internal auditor kompeten yang nantinya akan difungsikan untuk mengaudit dan membimbing kinerja manajemen PPID di seluruh satuan kerja LAPAN. Dari hasil uji sertifikasi tersebut alhamdulilah sebagian besar peserta berhasil lulus, termasuk 3 orang peserta yang mewakili Pusat Teknologi Penerbangan yaitu Tri Widodo, Ainun Noor Zahra dan Ery Wibisono. (tw)

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2020 - Pusat Teknologi Penerbangan