Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


DRONE PERTANIAN PRESISI LAPAN UNJUK KEBOLEHAN PADA PELUNCURAN PROGRAM SMK MBANGUN DESA DI BUMIAYU
Penulis Berita : TriWid • Fotografer : • 27 Sep 2020 • Dibaca : 451 x ,

Drone Pertanian Presisi (Drone Precission Farming) LAPAN unjuk kebolehan pada acara peluncuran program “SMK Mbangun Desa” yang diprakarsai oleh Kementerian Desa bekerjasama dengan Pemkab, dan Dinas Pendidikan Kabupaten Bumiayu, Jawa Tengah (27/09/2020).

Acara yang dibuka oleh Dr. Suprapedi, M.Eng, Staf Ahli Menteri Kementerian Pedesaan itu juga dihadiri oleh jajaran Pemkab, Dinas Pendidikan, para Kepala Sekolah dan para Kepala Desa se kabupaten Bumiayu.

Program “SMK Mbangun Desa” ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan SDM masyarakat desa yang dalam jangka panjang dapat mewujudkan kemandirian ekonomi. Target sasaran pesertanya adalah kelompok generasi muda, yang kemudian diikutkan dalam beberapa pilihan pelatihan keterampilan seperti menjahit, computer program dan desain grafis, dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan. Melalui slogan SMK Bisa, Siap Kerja, Cerdas dan Kompetitif yang dicanangkan beberapa tahun yang lalu, diharapkan mampu memberikan dampak positif tidak hanya bagi sekolah sendiri akan tetapi juga bagi masyarakat desa di sekitarnya. Di sisi lain, program ini juga memiliki tujuan untuk menumbuh kembangkan kepedulian sosial bagi siswa terhadap kondisi yang terjadi di lingkungannya. Selain bersifat pemberdayaan, program SMK Mbangun Desa juga dilakukan dengan cara mengajak para siswa turun langsung ke masyarakat untuk ikut menanggulangi penyebaran Covid-19 dengan membagikan sejumlah masker melalui sejumlah Posko Penanganan Covid-19.

Dalam kesempatan tersebut selain dilakukan acara penandatanganan kerjasama antara 20 orang Kepala Sekolah Menengah Kejuruan dengan 20 orang Kepala Desa sekabupaten Bumiayu, juga digelar acara pameran hasil produk kreativitas SMK, serta demo Drone Pertanian Presisi yang ditampilkan oleh LAPAN.

Para pengunjung berdecak kagum, kala tim LAPAN mendemokan Drone Pertanian Presisi, yang dengan lincahnya melakukan aksi penyempotan pupuk cair di atas area tanaman padi seluas 2000m persegi.

Adi Wirawan, selaku Group Leader DFP LAPAN dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa Drone Pertanian Presisi tidak hanya berfungsi untuk penyemprotan pupuk pestisida atau herbisida. Drone jenis ini juga dapat difungsikan untuk melakukan analisis tanah dan lapangan, penanaman, penilaian kesuburan tanah, pemetaan manajemen irigasi, dan pemantauan kemajuan tanaman.

Sejumlah kepala desa berharap agar kedepannya, teknologi Drone Pertanian Presisi ini benar-benar dapat diaplikasikan untuk mendukung efisiensi dan efektifitas pertanian di pedesaan. Semoga! (tw)

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2020 - Pusat Teknologi Penerbangan