LAPAN dan LP3B Kerjasama Wujudkan Penerbang Bersertifikasi CPL-IR
By admin, 15 Apr 2016
Bertempat di Kompleks Bandara Blimbingsari, Rogojampi, Banyuwangi, Jumat (15/04) dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan Loka Pendidikan dan Pelatihan Penerbang Banyuwangi (LP3B). Perjanjian ini menghasilkan kesepakatan kerjasama dalam hal mendidik dan melatih 1 (satu) personil PNS Pustekbang-LAPAN yang telah memiliki kualifikasi PPL (private pilot license) untuk melanjutkan ke tahap CPL-IR (commercial pilot license-instrument rating).

Febri, nama sapaan pilot LAPAN, saat ini baru memiliki kualifikasi PPL (private pilot license)-single engine land, dimana penggunaan lisensi ini masih terbatas hanya pada pesawat kecil dengan satu mesin saja. Untuk itu, perlu dilaksanakan peningkatan kualifikasi sesuai dengan program yang direncanakan LAPAN kedepannya yaitu dengan cara melaksanakan pendidikan dan latihan lanjutan penerbang untuk tahap CPL-IR dan Multi engine rating.

Selain untuk meningkatkan kualitas dan kapabilitas sumber daya manusia (SDM) dibidang pengoperasian pesawat terbang, pendidikan dan pelatihan lanjutan ini dilakukan sebagai bagian untuk mendukung Program Nasional dalam bidang riset dan pengembangan teknologi pesawat terbang, dimana LAPAN dan Lembaga Riset lainnya membutuhkan seorang Pilot Uji (Test Pilot) pesawat terbang baik yang sudah ada saat ini (PK-LSA dan PK-LPN) maupun yang sedang dikembangkan saat ini (N219).

Dengan mengikuti pendididikan lanjutan di Loka Pendidikan dan Pelatihan Penerbang Banyuwangi (LP3B) diharapkan nantinya Febri mampu menjadi insan dirgantara (airman) yang cakap dan andal dalam mengoperasikan pesawat terbang, khususnya pesawat penelitian yang dioperasikan LAPAN khususnya di satuan kerja Pusat Teknologi Penerbangan.