LSU-02 Tampil di Maritime Komodo Exhibition 2016
By admin, 13 Apr 2016
LAPAN berpartisipasi dalam Maritime Komodo Exhibition 2016 yang berlangsung pada tanggal 13-15 April 2016 di Hotel Inna Muara Padang, Sumatera Barat. Pameran kemaritiman yang secara resmi dibuka oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL), Laksamana TNI Ade Supandi ini merupakan bagian dari agenda kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo 2016, yang mencakup kegiatan International Fleet Review (IFR) 2016, dan Western Pasific Naval Symposium (WPNS).

Event pameran 2 tahunan yang digelar oleh Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) TNI AL bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat dan Pemerintah Kota (Pemko) Padang ini mengusung tema Small Company High Creativity.

Kegiatan ini diikuti oleh para stakeholder di sektor kemaritiman dan pertahanan. Kegiatan tersebut diselenggarakan untuk mengumpulkan para vendor Pemprov Sumatera Barat, Pemko Padang, BUMN, kementerian/lembaga, dan para pelaku bisnis di lingkup swasta. Mereka berkesempatan mempromosikan produk-produk karya negeri sendiri di kancah Internasional.

Dalam pameran tersebut, LAPAN mengusung tema “Dukungan Teknologi Penerbangan dan Antariksa untuk Kejayaan di Laut”. Dalam kegiatan pameran ini LAPAN mempromosikan sejumlah produk litbangyasa yang  mampu mendukung sektor kemaritiman Indonesia seperti Lapan Surveillance UAV (LSU) sebagai bagian dari pengembangan Maritime Surveillance System, Satelit Lapan A-2/ Orari, Equatorial Atmosphere Radar (EAR), Satellite Disaster Early Warning System (Sadewa), Transportable Weather Radar, dan Aplikasi Data Satelit untuk Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI).
 
Pada event tersebut, KASAL juga menyempatkan berkunjung ke stan pameran LAPAN dan berdialog dengan Kepala Bagian Hubungan Masyarakat LAPAN, Jasyanto terkait pemanfaatan Pesawat LSU untuk misi surveillence dan pemanfaatan Satelit LAPAN-A2/ LAPAN-ORARI untuk pengamatan permukaan bumi, pemantauan kapal, dan sarana komunikasi untuk Radio Amatir ORARI.