Rapat Persiapan Deklarasi Pengembangan Sistem Pemantauan Maritim Berbasis IPTEK Penerbangan dan Antariksa
By admin, 07 Jun 2016
Pejabat Eselon 2, 3 dan 4 dari lima Satuan Kerja (Satker) LAPAN ikut andil dalam rapat persiapan deklarasi pengembangan sistem pemantauan maritim berbasis IPTEK penerbangan dan antariksa. Lima satker yang hadir tersebut meliputi Pustispan, PSTA, KSHU, Renkeu, dan Pustekbang. Rapat ini dilangsungkan di Ruang Rajawali Pustekbang Rumpin, Selasa (7/6).

Perhelatan yang akan dilangsungkan tanggal 20 Juni 2016 tersebut mengambil tema "Pengembangan Iptek Penerbangan dan Antariksa untuk Pemantauan SDA dan Lingkungan". Dalam event tersebut, rencananya LAPAN akan mendeklarasikan empat (4) produk litbangyasa unggulan yang didedikasikan untuk menunjang sektor maritim Indonesia. Empat produk unggulan LAPAN tersebut meliputi: SEMAR (Sistem Embaran Maritim), AIS (Automatic Identification System), Sistem Pemantauan Bumi Nasional, dan MSS (Maritime Surveillance System).

Dalam event ini, Pustekbang yang mengusung MSS sebagai produk unggulannya akan mengambil tema "Aplikasi Maritim Surveillance System Berbasis LAPAN Surveillance UAV (LSU)", dengan menampilkan 4 (empat) jenis pameran yang meliputi:

  1. Pameran Fisik : LSU 01, LSU 02, LSU 03, LSU 05
  2. Pameran Visual : Banner LSU 01 - LSU 05, dan foto rencana akses landasan
  3. Pameran Aplikasi : Kerjasama dengan BIG (pemotretan garis pantai)
  4. Pameran Hilirisasi : Implementasi kerjasama dengan PT M3 dalam pengembangan LSU 03

Selepas momentum deklarasi tersebut, LAPAN juga akan menyiarkan secara live streaming peluncuran satelit mikro generasi kedua Lapan yaitu LAPAN A3/IPB yang akan mengusung 2 misi yaitu untuk pemantauan pertanian dan maritim (AIS).