Bimtek Penulisan KTI Suplemen Mahasiswa Kerja Praktek dan Tugas Akhir di Pustekbang
By admin, 27 Sep 2016
Pelayanan bimbingan mahasiswa merupakan salah satu standar pelayanan publik (SPP) yang dilaksanakan oleh Pusat Teknologi Penerbangan dan juga beberapa satker lain di LAPAN. Pelayanan bimbingan ini diberikan kepada para mahasiswa yang melaksanakan Kerja Praktek (KP) atau yang akan menyusun Tugas Akhir (TA), yang merupakan bagian dari kurikulum akademik perguruan tinggi yang harus dilaksanakan oleh para mahasiswa.

Melalui kegiatan KP atau TA ini diharapkan para mahasiswa memperoleh beberapa tujuan, yaitu (1) memperoleh gambaran konkrit dan mampu bersosialisasi dalam dunia kerja, (2) mampu mengaplikasikan ilmu yang dipelajari di kampus ke dalam dunia kerja, (3) melatih kemampuan berfikir yang konstruktif bagi mahasiswa dalam memecahkan masalah yang dihadapi di dunia kerja sesuai dengan disiplin ilmu yang dipelajarinya.

Dalam pelaksanaan KP dan TA di Pustekbang, para mahasiswa memperoleh arahan dan bimbingan dari engineer pembimbing yang telah ditunjuk oleh Kapustekbang. Hal ini dimaksudkan untuk mendukung kelancaran mahasiswa dalam melaksanakan dan menuntaskan  kegiatan praktek atau tugas akhirnya.

Para mahasiswa Kerja Praktek (KP) dan mahasiswa Tugas Akhir (TA) sudah sewajarnya apabila in memperoleh bimbingan teknis terkait kerja praktek dan tugas penelitian, khabar baiknya, para mahasiswa yang melaksanakan KP maupun TA di Pustekbang juga memperoleh suplemen istimewa berupa Bimbingan Teknis untuk penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Seperti yang telah dilaksanakan pada Selasa 27 September 2016 lalu, para mahasiswa KP dari Poltek Caltex Riau dan mahasiswa TA dari Universitas Nurtanio Bandung memperoleh Bimtek penulisan KTI dari salah satu Peneliti Senior Pustekbang, Ir. Atik Bintoro, MT, APU.  

Melalui kegiatan ini beliau berharap para mahasiswa dapat menambah wawasan  pengetahuannya tentang teknik penulisan Karya Tulis Ilmiah yang sesuai dengan Peraturan Kepala LIPI No.04/E/2012 tentang Pedoman Karya Tulis Ilmiah.