LAPAN dan BIG Kembali Lakukan Uji Terbang LSU-02 Untuk Misi Pemotretan Udara
By admin, 28 Nov 2016
Bertempat di lapangan terbang Cilautereun Pamengpeuk Garut, pada tanggal 28 November hingga 1 Desember 2016, LAPAN dan BIG kembali melakukan uji terbang pesawat tanpa awak Lapan Surveillance UAV 02 (LSU-02). Kegiatan uji terbang ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan performa terbaik dari 3 pesawat LSU-02 yang akan digunakan untuk melakukan misi pemotretan di wilayah Yogyakarta.

Turut hadir dalam kegiatan uji terbang LSU-02 ini, 2 petinggi BIG yaitu Deputi Bidang Informasi Geospasial Dasar, Dodi Sukmayadi dan Kepala Pusat Pemetaan Kelautan dan Lingkungan Pantai Muhtadi Ganda Sutrisna. Keduanya diterima oleh Kabid Diseminasi Pustekbang, Agus Bayu Utama dan seluruh tim uji terbang. Mereka berharap uji terbang yang dilakukan dapat berjalan dengan baik guna menyukseskan misi pemotretan wilayah Desa di Kecamatan Kretek, Bantul, DIY pada tanggal 7 - 9 Desember 2016.

Kegiatan pemotretan udara menggunakan LSU-02 merupakan implementasi kerjasama yang telah dilaksanakan oleh LAPAN dan BIG di tahun 2016. Sebelumnya pada bulan Maret sampai April 2016, telah berhasil dilaksanakan misi pemotretan garis pantai sepanjang 300 km mulai dari pantai Parangtritis DIY hingga pantai Trenggalek Jatim menggunakan LSU-02

Pada kegiatan uji terbang ini, masing-masing pesawat mengalami 2 kali pengujian, yaitu uji terbang secara manual dan uji terbang secara autopilot, dengan hasil yang cukup baik.