LAPAN Dukung Kontes Robot Terbang Indonesia 2016
By admin, 23 Nov 2016
LAPAN merupakan lembaga yang melakukan tugas pemerintahan di bidang penelitian, pengembangan kedirgantaraan dan pemanfaatannya. LAPAN berupaya penuh mendukung pengembangan pemanfaatan teknologi keantariksaan di Indonesia sesuai amanat Undang-undang Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan.

Salah satu tujuh program utama LAPAN yaitu pengembangan teknologi aeronautika untuk pengembangan pesawat transport dan pesawat tanpa awak (system pemantau maritime berbasis pesawat tanpa awak). Hal itulah yang menjadi dasar dukungan LAPAN terhadap kegiatan KRTI 2016.

Bertempat di area Kota Baru, Provinsi Lampung diselenggarakan final KRTI sejak tanggal 23 hingga 26 November 2016 dengan tema Menuju Kemandirian Teknologi Wahana Terbang Tanpa Awak.

Bentuk dukungan LAPAN terhadap kegiatan ini yaitu dengan melibatkan seorang peneliti senior LAPAN Suistyo Atmadi sebagai juri KRTI.

Tahun 2016 ini kegiatan Kontes Robot Terbang Indonesia berada di bawah program kegiatan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ditjen Belmawa Kemenristekdikti) dimana Universitas Lampung (UNILA) menjadi tuan rumah penyelenggara KRTI 2016.

Melalui KRTI ini para generasi muda Indonesia didukung  untuk berjuang dan berkarya nyata dalam dunia sistem nir-awak baik di udara maupun di angkasa lepas.