Pustekbang Lapan Sosialisasikan Rencana Program Aksi : 12 25
By admin, 10 Jan 2017
Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN sosialisasikan Program Aksi : 12 25 pada hari Selasa, 10 Januari 2016.

Para pembaca pasti bertanya-tanya, ÔÇťApakah itu Program Aksi  12 25 ?  apakah ada relevansinya dengan trend politik nasional yang sedang ramai saat ini..?

Tentunya substansinya berbeda, meskipun cara penulisannya dibuat dengan gaya kekinian. Konsep program Aksi 12 25 ini merupakan konsep rencana kegiatan jangka panjang (9 tahunan) di litbang Pusat Teknologi Penerbangan mulai dari tahun 2017 ini sampai dengan tahun 2025. Konsep program ini disampaikan secara lugas dan sistematis oleh Kepala Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN, Drs. Gunawan S. Prabowo, MT dihadapan para pejabat struktural, peneliti senior, kepala program dan koordinator kegiatan di satuan organisasi Pusat Teknologi Penerbangan.



Substansi dari konsep ini berisikan rencana jangka panjang Pustekbang sampai dengan Desember tahun 2025.
Dimana pada masing-masing angka yang tertera mengandung makna program aksi yang akan terus dilakukan dan dicapai oleh Pustekbang sampai Desember 2025, yaitu sebagai berikut :
 
Angka 1, melambangkan semangat Pustekbang untuk senantiasa mendukung program Reformasi Birokrasi yang sesuai dengan Tujuan dan Sasaran Reformasi Birokrasi LAPAN. Adapun Tujuan dari Reformasi Birokrasi LAPAN yaitu birokrasi yang bersih, birokrasi yang efisien dan produktif, birokrasi yang transparan, birokrasi yang melayani masyarakat dan birokrasi yang akuntabel. Sedangkan Sasaran Reformasi Birokrasi LAPAN yaitu terwujudnya birokrasi LAPAN yang bersih dan bebas korupsi, kolusi dan nepotisme, terwujudnya peningkatan kualitas pelayanan LAPAN kepada publik dan masyarakat serta meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi di LAPAN. 

Angka 2 pertama, melambangkan Pustekbang laksanakan 2 program utama  pengembangan teknologi penerbangan yang meliputi Program pengembangan pesawat transport nasional N219 sebagai Program Nasional dan Program pengembangan Maritime Surveillance System (MSS) sebagai Program Litbangyasa.

Angka 2 berikutnya, melambangkan Pustekbang akan wujudkan misinya menjadi Pusat Unggulan di 2 kompetensi teknologi penerbangan, yaitu Pusat Unggulan UAV dan Pusat Unggulan Desain Aircraft.
Dan angka 5, melambangkan upaya Pustekbang untuk membangun karakter SDM yang unggul di bidang teknologi penerbangan dengan menerapkan 5 sistem nilai LAPAN, yaitu Pembelajar, Rasional, Konsisten, Akuntabel dan Melayani.

Selain berisi pemaparan tentang sosialisasi program aksi 12 25, rapat juga membahas tentang evaluasi capaian Indikator Kinerja Utama Pustekbang pada tahun 2016.

Di sesi akhir rapat, dilakukan diskusi dan tanya jawab seputar upaya peningkatan kualitas kegiatan di lingkungan Pustekbang untuk tahun 2017 ini.