Presentasi Laporan Akhir Kerja Praktek Mahasiswa STTKD Yogyakarta
By abdulaziz, 10 Apr 2019
Enam mahasiswa Jurusan Diploma Tiga Aeronautika Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) Yogyakarta lakukan presentasi laporan hasil kerja prakteknya di Ruang Rajawali Pusat Teknologi Penerbangan (Pustekbang) LAPAN Rumpin, Rabu (10/04). Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kabid Diseminasi Pustekbang, Dipl. Ing. Agus Bayu Utama, M.Sc.Me, dan dihadiri oleh sejumlah peneliti dan perekayasa senior Pustekbang serta beberapa pembimbing lapangan.

Beberapa judul laporan Kerja Praktek yang dipresentasikan oleh keenam mahasiswa tersebut, yaitu:

  1. Analisis Pemilihan Engine Pesawat Terbang Tanpa Awak LSU-05 NG (Lapan Surveillance UAV), oleh Andi Susanto, dibawah bimbingan Novita.
  2. Analisis Sifat Mekanik Komposit Serat E-Glass WR 185 Resin Lycal Terhadap Uji Tarik dan Tekan Menggunakan Metode Hand Lay Up Sebagai Material Fuselage LSU-02, oleh Nora Medina, dibawah bimbingan Lathifa.
  3. Efek Open Hole Terhadap Sifat Mekanik Komposit Serat E-Glass t-45 Pada Struktur Pesawat LSU, oleh Vika Nurul Hidayah, dibawah bimbingan Lathifa.
  4. Penggunaan Serat Kulit Singkong Sebagai Penguat Komposit, oleh Syamsul Rizal, dibawah bimbingan Lathifa.
  5. Proses Sertifikasi dan Certification, oleh Ryaas Lukman, dibawah bimbingan Nurul Lailatul M.
  6. Analisa Awal Kebutuhan Campuran Bahan Bakar dan Udara Menggunakan Mesin Efi Pada Pesawat LSU-02, oleh Adhitya Syah Putra, dibawah bimbingan Yudha Agung.

Pada tiap akhir sesi presentasi, para mahasiswa memperoleh beberapa pertanyaan dan masukan dari para peneliti dan perekayasa senior terkait materi laporan yang telah dipresentasikan. Melalui pola seperti ini para mahasiswa Kerja Praktek memperoleh banyak masukan atau koreksi positif terkait metodologi penelitian yang dilakukan, teori dan literasi yang digunakan, sampai dengan sistematika penulisan laporannya. Diharapkan melalui koreksi dan masukan-masukan tersebut akan memperkaya kompetensi para mahasiswa dalam bidang keilmuannya. (tw).