Peneliti dan Perekayasa Pustekbang Uji Laporan Tugas Akhir Mahasiswa Universitas Nurtanio
By abdulaziz, 18 Apr 2019
Kamis (18/4) bertempat di Ruang Rajawali, Pusat Teknologi Penerbangan, tiga orang mahasiswa Universitas Nurtanio Bandung mempresentasikan laporan Tugas Akhir (TA) nya. Kegiatan yang dipimpin oleh Kepala Bidang Diseminasi Pustekbang, Agus Bayu Utama juga dihadiri oleh para peneliti dan perekayasa serta para pembimbing lapangan.

Tiga orang mahasiswa teknik penerbangan tersebut secara bergantian memaparkan laporan Tugas Akhirnya, dimulai dari Dzaki Putra Mahadi dengan judul laporannya "Analisa Karakteristik Aerodinamika Perubahan Posisi Horizontal Tail Pada Pesawat LSU-02 NGLD Dengan Menggunakan Metode CFD". Kemudian dilanjutkan pemapar kedua, Andhika Prahasta Djaya dengan judul "Analisa Material Pengganti Burung Untuk Uji Bird Impact Berbahan Gelatin Pada Flight Deck Windshield Pesawat Udara", dan yang terakhir, Virdan Anggiana dengan judul "Optimasi Pelat Berlubang Berbahan Komposit Pada Pesawat LSU-05 Menggunakan Metode Taguchi Berbasis Finite Element Method (FEM)”.

Pada akhir presentasi, para mahasiswa diuji dengan sejumlah pertanyaan dari para peneliti dan perekayasa Pustekbang yang hadir. Hampir tidak ada pemapar yang lolos tanpa koreksi. Beberapa aspek yang sering dipertanyakan adalah terkait sistematika penelitian, kerangka berpikir dan hasil penelitian. Kesemuanya itu dimaksudkan agar laporan setiap mahasiswa TA memiliki mutu yang terstandar. Selain itu melalui kegiatan ini diharapkan ke depannya dapat mencetak calon-calon Engineer yang kompeten dan ahli dalam bidang keilmuannya. (tw)