SIPTEKGAN 2014 -Seminar Nasional Iptek Dirgantara XVIII
By admin, 09 Dec 2014
Pusat Teknologi Penerbangan menyelenggarakan Seminar Nasional Iptek Dirgantara bertema ‘Pengembangan Teknologi Penerbangan dan Antariksa dalam Mendukung Pemantauan Maritim’.

Kegiatan ini berlangsung di Auditorium Pustekbang, Rumpin, Selasa (9/12). Seminar bertujuan untuk meningkatkan sosialisasi hasil penelitian, pengembangan dan rekayasa (litbangyasa) teknologi LAPAN. 
 
Dalam sambutannya, Kepala Lapan, Thomas Djamaluddin, mengatakan bahwa kegiatan ini akan mendukung progam-program pemerintah terutama dalam sektor maritim melalui penguasaan teknologi roket, satelit, dan aeronautika yang sedang lapan kembangkan saat ini. Ia menjelaskan bahwa lahirnya Undang-undang No. 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan merupakan sejarah bagi keantariksaan nasional dan menjadi refleksi bagi Lapan untuk meningkatkan kemampuan dalam cita-cita mengembangkan teknologi penerbangan dan keantariksaan. Pengembangan Teknologi Penerbangan dan Antariksa tersebut sangat penting bagi Indonesia.

Thomas menjelaskan, visi pemerintah untuk menjadi poros maritim dunia tidak dapat lepas dari teknologi keantariksaan. 

Prof. Dr. Darwin Sebayang Salah satu pembicara yang diundang dalam seminar tersebut mengatakan "Kenapa kita sulit ada publikasi, karena engineer kita hanya berkutat dengan teknologi yang sudah ada, tidak ada lompatan-lompatan teknologi terbaru". Melalui Seminar Nasional Iptek Dirgantara ini diharapkan diwaktu mendatang baik dosen, peneliti, perekayasa, teknisi litkayasa serta sejawat fungsional lainnya mampu lebih meningkatkan hasil penelitian, mengembangan, dan rekayasa (litbangyasa) khususnya dalam teknologi LAPAN.