RATUSAN SISWA PUTRA SMA IBNU HAJAR BOARDING SCHOOL DEPOK BERKUNJUNG KE PUSTEKBANG LAPAN
By abdulaziz, 26 Nov 2019
Pusat Teknologi Penerbangan (Pustekbang) pada hari Selasa (26/11/019) kembali menerima kunjungan dari ratusan siswa SMA Ibnu Hajar Boarding School Depok. Kunjungan ini melengkapi kunjungan sebelumnya yang telah dilakukan oleh rombongan SMP dan SMA (Putri) Ibnu Hajar Boarding School pada Kamis (24/10/019) yang lalu. Rombongan siswa SMA (Putra) yang berasal dari Kelas XI tersebut berjumlah 116 orang dan didampingi oleh 6 orang guru pendampingnya. Kedatangan mereka diterima oleh Kabid Diseminasi Pustekbang, Dipl. Ing. Agus Bayu Utama, M.Sc.ME didampingi oleh PIC. Humas Pustekbang, Tri Widodo, M.H. di aula Garuda Lantai 2 Gedung Utama Pustekbang.

Dalam sambutannya, Kabid Diseminasi, Agus Bayu Utama mengucapkan terimakasih atas kunjungan kedua dari siswa-siswa Ibnu Hajar Boarding School, Depok. Pada kesempatan tersebut beliau menjelaskan secara garis besar mengenai program kegiatan litbangyasa yang dilaksanakan oleh Pustekbang saat ini serta fasilitas-fasilitas laboratorium yang ada. Agus Bayu berharap, agar para siswa dapat memanfaatkan waktu kunjungan dengan sebaik-baiknya, dan jangan malu-malu bertanya kepada para peneliti di laboratorium guna menggali ilmu dan menambah wawasan pengetahuan mengenai teknologi penerbangan.

Sejurus kemudian, Sukirman, S.Pd., mewakili guru SMA Putra Ibnu Hajar Boarding School mengucapkan banyak terimakasih atas kesediaan LAPAN dan Pustekbang yang telah menerima dan menyambut kunjungan para siswa Ibnu Hajar Boarding School dengan penuh keterbukaan dan keramah tamahan. Beliau berharap melalui kunjungan ini para siswanya memperoleh manfaat dari sisi penambahan wawasan pengetahuan mengenai teknologi penerbangan dan antariksa yang dilaksanakan oleh LAPAN. Selain itu Sukirman juga berharap dari hasil kunjungan ini dapat meningkatkan motivasi belajar para siswanya setelah kembali ke sekolah.

Selesai sesi sambutan, Perekayasa Madya Pustekbang, Drs. Arisugeng Budiyanta, M.Eng., mempresentasikan secara umum teknologi yang dikembangkan oleh LAPAN, lalu kemudian memaparkan profile litbangyasa Pustekbang LAPAN. Dengan penampilannya yang bersahaja namun tetep bersemangat, beliau menjelaskan hasil litbangyasa Teknologi Penerbangan dan pemanfaatannya. Para siswa selain memperoleh penjelasan mengenai pesawat N219 dan pesawat N219 Ampibi yang sedang giat dikembangkan oleh LAPAN dan PT DI saat ini, juga diberikan tampilan video berbagai tampilan pesawat Lapan Surveillance Uav (LSU) dan berbagai pemanfaatannya.

Diakhir presentasi, PIC Humas Pustekbang, Tri Widodo melemparkan sejumlah pertanyaan kuiz seputar teknologi penerbangan, yang disambut dengan penuh antusias oleh para siswa. Bagi para siswa yang berhasil menjawab pertanyaan-pertanyaan kuiz dengan benar, tim humas Pustekbang menghadiahi masing-masing mereka dengan merchandise yang menarik.

Selesai acara pembukaan, para siswa, guru dan Tim Humas Pustekbang melakukan foto bersama di depan Gedung Utama Pustekbang, sebelum melanjutkan kunjungan ke beberapa fasilitas lab di lingkungan Pustekbang.

Di lab. Manufaktur para siswa dan guru berkesempatan menyaksikan beberapa prototipe pesawat Lapan Surveillance Uav (LSU) mulai dari LSU-02 sampai dengan LSU-05, serta memperoleh penjelasan mengenai proses desain, pencetakan, sampai dengan perakitan LSU oleh Teknisi Litkayasa Dudi Targani, ST.

Kemudian di lab Aerostruktur, para siswa memperoleh penjelasan dari Peneliti Rezky Agung Pratomo, S.Si., mengenai alat uji Landing Gear Drop Test. Yaitu suatu alat uji yang digunakan untuk mengukur kekuatan struktur roda pesawat terbang. Selain itu mereka juga mendapatkan penjelasan mengenai cara kerja dari alat uji Universal Testing Machine (UTM). Yaitu suatu mesin atau alat pengujian yang berfungsi untuk menguji tegangan tarik, tekan maupun geser suatu bahan atau material agar kekuatan material tersebut dapat diketahui.

Sementara rombongan yang berkunjung ke Stasiun Pengendali Satelit (Ground Station Satellite) LAPAN. Di fasilitas ini para siswa diterima oleh Peneliti Pusat Teknologi Satelit, Sonny Dwi Harsono, S.T., M.Eng. Para siswa memperoleh paparan mengenai teknologi satelit LAPAN, cara operasi serta manfaatnya, termasuk bagaimana cara berkomunikasi via satelit LAPAN A2/LAPAN Orari. Disela-sela pemaparan para siswa silih berganti mengajukan pertanyaan, yang kemudian dijawab oleh Sonny dengan lugas dan mencerahkan. Tak terasa waktu pun berselang, tepat pada pukul 14.00 Wib rombongan SMA Ibnu Hajar School pun mengakhiri kunjungannya. (tw)