PUSTEKBANG MENGEDUKASI RATUSAN SISWA MTSN 24 JAKARTA TIMUR
By abdulaziz, 20 Nov 2019
Pada Rabu pagi yang cerah (20/11/19) 160 orang siswa MTSN 24 Jakarta Timur dengan didampingi oleh 15 orang guru pembimbing dan komite sekolahnya berkunjung ke Pusat Teknologi Penerbangan (Pustekbang) LAPAN. Kedatangan rombongan diterima oleh PIC Humas Pustekbang, Tri Widodo, M.H. di aula Garuda Pustekbang.

Dalam sambutannya, PIC Humas Pustekbang atas nama pimpinan menyampaikan terimakasih atas kunjungan dari siswa dan guru MTSN 24 Cakung, Jakarta Timur. Pada kesempatan tersebut Tri Widodo, menjelaskan secara umum mengenai sejarah berdirinya Pustekbang dan dua program nasional yang sedang dilaksanakan oleh Pustekbang saat ini. Selain itu beliau berharap kepada para siswa, agar momen kunjungan studi ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk menambah wawasan dan pengetahuan mereka tentang teknologi penerbangan. Kepada dewan guru, beliau menyampaikan, semoga kunjungan studi ini bukanlah yang pertama dan terakhir, namun seyogyanya dapat dilanjutkan ke kunjungan kunjungan berikutnya.

Selanjutnya perwakilan guru MTSN 24, Syarifudin, S.Pd juga menyampaikan terimakasihnya kepada pimpinan dan tim humas Pustekbang yang telah berkenan menerima kunjungan para siswa didiknya. Melalui kunjungan studi ini dia berharap para siswa didiknya dapat menambah pengalaman dan pengetahuannya mengenai dunia penerbangan dan antariksa.

Selesai sambutan dilanjutkan dengan presentasi pengenalan LAPAN dan Pusat Teknologi Penerbangan oleh Peneliti Angga Septiyana, S.Si. Para siswa dan guru disuguhi video animasi mengenai 4 pilar program penelitian LAPAN. Selain itu Angga juga menjelaskan mengenai bagaimana pesawat itu bisa terbang dan gaya-gaya apa saja yang menyebabkan pesawat bisa terbang. Lebih jauh lagi beliau menjelaskan mengenai kegiatan pengembangan pesawat N219, pesawat N219 Amphibi dan pesawat tanpa awak Lapan Surveillance Uav.

Selesai presentasi PIC Humas Pustekbang mengevaluasi serapan para siswa atas presentasi yang telah diberikan. Alhasil, kepada 20 orang siswa dan guru yang mampu menjawab dengan benar setiap pertanyaan yang diajukan, masing-masing mereka memperoleh hadiah menarik dari tim humas Pustekbang.

Sebelum berkunjung ke beberapa fasilitas yang ada, seluruh siswa dan guru menyempatkan berfoto bersama di depan gedung Pustekbang. Tak lama kemudian, para siswa yang dibagi dalam dua kelompok tersebut bergegas mengunjungi Lab Manufaktur dan Gedung Pusat Arsip LAPAN.

Kelompok pertama yang dipandu Ainun Zakiah Noor, S.IIP berkunjung ke Gedung Pusat Arsip LAPAN, mereka diterima oleh Kasubbag Pengelolaan Arsip Inaktif Wendia Kusuma Wardian, S.Sos., M.Si dan beberapa staf fungsional arsiparis. Disini mereka menyaksikan visualisasi mengenai arti dan makna pentingnya arsip, jenis-jenis arsip serta seputar kegiatan pengelolaan Arsip LAPAN. Mereka juga berkesempatan diajak berkeliling meninjau fasilitas Gedung Arsip LAPAN, mulai dari unit pemilahan, pengolahan sampai dengan unit penataan arsip.

Sementara kelompok kedua yang berkunjung ke Lab Aerostruktur, mereka diterima oleh Tiga Serangkai Rezky Agung Pratomo, S.Si., Nur Mufidatul Ula, S.Si dan Mikhael Gilang P.P.P., S.T. Di lab ini para siswa menyaksikan dan memperoleh penjelasan mengenai alat uji roda pesawat (landing gear drop test) dan juga alat uji statik sayap (wing statict test). Kemudian pada saat berkunjung ke lab Manufaktur, para siswa berkesempatan menyaksikan beberapa jenis pesawat tanpa awak Lapan Surveillance UAV (LSU). Selain itu mereka juga memperoleh edukasi mengenai tahapan proses pembuatan pesawat LSU, mulai dari tahap desain sampai dengan perakitan. Setelah selesai mereka bergegas mengunjungi fasilitas lainnya.

Semua siswa tampak gembira mengikuti kunjungan tersebut, tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 12.00 Wib. Sebelum meninggalkan area Pustekbang, mereka menyempatkan diri untuk beristirahat, sholat dan makan siang di gedung Pustekbang. Mereka nampak gembira, dan berharap suatu saat dapat berkunjung kembali ke Pustekbang LAPAN. (tw)