Pustekbang Berikan Pembekalan kepada Mahasiswa Kerja Praktek 2020 Asal Lima Perguruan Tinggi Negeri Indonesia
By abdulaziz, 06 Jan 2020
Bertempat di ruang rapat Desain Centre, Pusat Teknologi Penerbangan, Senin (06/01/2020) PIC Humas bersama PIC Layanan Teknologi dan Peneliti Pustekbang menerima dan memberikan pembekalan kepada para peserta KP tahun 2020 yang berasal dari lima perguruan tinggi di Indonesia. Kedua puluh satu mahasiswa KP tersebut berasal dari Universitas Trunojoyo, Universitas Diponegoro, Universitas Bengkulu, Universitas Lampung dan Universitas Gajah Mada. Para mahasiswa yang berasal dari jurusan teknik elektro, mesin dan penerbangan tersebut sebagian besar akan melaksanakan kerja praktek di Pustekbang selama 1 bulan, terkecuali Undip yang mengajukan KP selama 2 bulan.

Pada sesi pembukaan, PIC Humas, Tri Widodo, M.H., atas nama pimpinan Pustekbang mengucapkan selamat datang kepada seluruh mahasiswa calon peserta KP dari lima perguruan tinggi negeri tersebut. Selain itu PIC Humas menyampaikan sekilas mengenai sejarah Pustekbang yang masih berusia 8 tahun, dengan beberapa capaian kegiatan yang telah dilaksanakan selama ini. Meskipun sebagian besar mahasiswa hanya melaksanakan KP selama 1 bulan, Tri Widodo berpesan agar para mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan dengan sebaik-baiknya untuk mengimplementasikan dan menimba ilmu tentang teknologi penerbangan.

Pada kesempatan pertama, peneliti Pustekbang, Angga Septiyana, S.Si. memberikan paparan umum mengenai profile LAPAN dan Pusat Teknologi Penerbangan. Sejurus kemudian, koordinator layanan KP Pustekbang, Sanwani juga menyampaikan beberapa aturan tata tertib yang harus diikuti para mahasiswa selama melaksanakan kerja praktek di Pustekbang.

Selanjutnya PIC Layanan Teknologi, Drs. Ari Sugeng Budiyanta, M.Sc. memberikan pengenalan mengenai beberapa program nasional Pustekbang, mulai dari N219, N219 Amphibi dan Maritime Surveillance System (MSS) melalui beberapa tayangan video menarik.

Selesai acara pembukaan, dilanjutkan dengan visitasi ke beberapa fasilitas lab yang ada di lingkungan Pustekbang, mulai dari lab aerodinamika, lab aerostruktur, lab manufaktur dan lab avionik.

Saat berkunjung ke Lab Aerodinamika, para mahasiswa berkesempatan singgah di Terowongan Angin Subsonik. Di sini mereka memperoleh penjelasan mengenai spesifikasi dan fungsi dari terowongan angin subsonik dari peneliti Septiyana, S.Si. Kemudian di lab Aerostruktur para mahasiswa memperoleh penjelasan dari peneliti Yusuf Giri Wijaya, S.Si. mengenai fungsi alat uji landing gear (bagian roda) pesawat, alat uji statik sayap. Sementara untuk fungsi alat uji material dijelaskan oleh Latifah Rusita Isna, S.Si. Berlanjut ke lab manufaktur, para mahasiswa menyaksikan sekaligus memperoleh penjelasan mengenai proses rancang bangun prototipe Lapan Surveillance UAV dari peneliti Rian Suari Aritonang, ST.

Sebagai penghujung visitasi, para mahasiswa berkunjung ke lab avionik. Di lab ini para mahasiswa diterima dan diedukasi terkait tugas, fungsi serta kegiatan litbangyasa yang sedang dilakukan di lab avionik Pustekbang oleh peneliti Agus Wiyono, S.Si, M.T. Melalui kegiatan ini diharapkan para mahasiswa calon peserta kerja praktek memperoleh gambaran mengenai kegiatan dan fasilitas litbangyasa yang ada di Pustekbang, sehingga memudahkan bagi masing-masing mereka untuk menyesuaikan topik penelitian yang akan dilakukannya selama kerja praktek di Pustekbang. (tw)