Pegawai Pustekbang LAPAN Mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Online
By abdulaziz, 01 Jun 2020
Sesuai arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) diwajibkan untuk mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2020. Oleh karena itu pada Hari Senin, 1 Juni 2020, seluruh pegawai Pustekbang LAPAN mengikuti pelaksanaan upacara memperingati Hari Lahir Pancasila. Upacara yang dilaksanakan di tengah Pandemi Covid-19 tersebut terasa berbeda karena dilakukan secara virtual melalui salah satu aplikasi Video Conference.

Upacara dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Dalam sambutan oleh Presiden Republik Indonesia tersebut, Joko Widodo menyampaikan Pandemi Covid-19 telah menguji daya juang bangsa, pengorbanan dan kedisiplinan kita. Untuk itu, Pancasila menjadi bintang penjuru dalam menghadapi semua tantangan. Nilai luhur Pancasila harus dijadikan secara nyata dalam kehidupan kita. Kita harus optimis dapat menjadi bangsa yang kuat dan mandiri. Seluruh elemen bangsa diminta untuk memperkokoh persatuan, persaudaraan, saling tolong dan gotong royong.

Joko Widodo juga meminta Penyelenggara Negara Pusat dan Daerah untuk terus meneguhkan kepedulian kita untuk masyarakat yang sedang mengalami kesulitan, untuk melayani masyarakat tanpa membeda-bedakan kelompok, ras dan agama serta untuk memenuhi kewajiban kita melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia. Serta mengajak seluruh warga Indonesia dari Sabang sampai Marauke untuk terus memperkokoh tali persatuan dan persaudaraan, saling membantu dan saling bergotongroyong serta selalu optimis bahwa bangsa kita adalah bangsa pemenang dalam menghadapi masalah tantangan yang menghadang, saling memperbaiki dan berdiri di atas kaki sendiri.

Kita sebagai bangsa yang besar harus tampil sebagai pemenang, harus mampu berkreasi, berinovasi di tengah Pandemi Covid-19 ini. Mari perkokoh persatuan, berbagi kepada sesama, bersatu dan saling peduli. Selamat memperingati Peringatan Hari Jadi Pancasila Tahun 2020.