Roadshow DOA-Drone DKPPU-LAPAN di Yogyakarta
By abdulaziz, 08 Sep 2020
Pada tanggal 8-10 September 2020 dilaksakan Road Show DOA-Drone di Yogyakarta. Kegiatan tersebut diprakarsai oleh DKPPU (Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara) dengan menggandeng LAPAN dan FROGS , salah satu UKM pengembang drone di Yogyakarta.

Kegiatan tersebut digelar oleh DKUPPU guna menyikapi maraknya penggunaan drone di Indonesia. Berbagai jenis drone saat ini sudah meramaikan pasar Indonesia, mulai dari drone quadrotor yang saat ini banyak digunakan untuk kegiatan pertanian presisi (precission farming), drone sayap tetap (fixed wing) yang sangat populer digunakan untuk fotographi udara (aerial photography) hingga drone yang bisa mengangkut penumpang didalamnya (urban transporter). Prototipe drone yang dirancang untuk mengangkut penumpang ini salah satunya sedang dikembangkan oleh salah satu UKM yang terletak di Jogjakarta, yakni FROGS.

Adanya UKM yang sudah mampu mengembangkan drone pengangkut penumpang ini membuat DKPPU perlu memastikan bahwa proses development drone tersebut sudah memenuhi kaidah-kaidah regulasi maupun ilmu pengetahuan yang ada, sehingga prototype tersebut memang aman digunakan untuk mengangkut manusia. Hal itulah yang mendasari diadakannya roadshow ini, yang diinsiasi oleh DKPPU Perhubungan Udara. Tentunya, DKPPU tidak sendirian di dalam kegiatan roadshow ini yakni dengan menggandeng LAPAN dan Kemenristek/BRIN untuk memberikan materi presentasi selama kegiatan roadshow. Kegiatan Roadshow ini diadakan selama 3 hari, mulai dari tanggal 8 September hingga 10 September 2020.

Hari pertama kegiatan roadshow, diisi dengan paparan dari tim DKPPU dan juga tim dari FROGS perihal proses sertifikasi, rancang bangun pesawat udara sesuai dengan aturan yang ada.

Dilanjut pada hari kedua, kegiatan difokuskan pada kunjungan lapangan ke fasilitas pengujian dan laboratorium FROGS, kunjungan ke supplier komponen FROGS dan terakhir adalah mengikuti pelaksanaan Demo Flight dari drone produksi FROGS.

Dan pada hari ketiga road show ini, LAPAN mempresentasikan materi “Pengembangan Fasilitas Test Untuk Pembangunan UAV di Pustekbang LAPAN” oleh Peneliti LAPAN Fuad Surastyo Pranoto.

Kegiatan roadshow ini, rencanannya akan dilanjutkan lagi untuk melihat industry pembuat Drone yang ada di Bandung, Jawa Barat dan tentunya akan tetap melibatkan LAPAN sebagai salah satu wakil pemerintah yang melaksanakan Litbangjirap mengenai Drone ini. Dari hasil kegiatan ini, LAPAN sangat diharapkan untuk dapat mensupport pengembangan UKM pembuat drone di Indonesia, terutama dalam hal penyiapan fasilitas untuk pengujian dan sertifikasi komponen-komponen yang digunakan. Hal ini sangat penting guna dapat membangun suatu Drone yang aman dan layak digunakan oleh khalayak luas.(fuad/tw)