Visi Misi, Renstra dan Reorganisasi LAPAN 2015 - 2019
By admin, 25 May 2015
"Pusat Unggulan Penerbangan dan Antariksa Untuk Mewujudkan Indonesia yang Maju dan Mandiri" merupakan visi terbaru LAPAN. Visi tersebut tertuang dalam Rencana Strategis (renstra) LAPAN 2015 – 2019 sebagai bagian pelaksanaan visi-misi Presiden, RPJMN & RPJPN.

Bertempat di Ruang Auditorium Pustekbang, Rumpin, Bogor, Senin (25/05) sosialisasi renstra dan reorganisasi di lingkungan Kedeputian Teknologi Penerbangan dan Antariksa LAPAN dipimpin oleh Kepala LAPAN Prof. Dr. Thomas Djamaludin, M.Sc.

"Inti dari Visi LAPAN adalah kita ingin menjadi pusat unggulan 'Center of Excellence'. Baik kepusatan maupun individu didalamnya diharapkan Excellence juga. Sedangkan, inti dari Misi LAPAN adalah secara kelembagaan maupun SDM kita memiliki kompetensi mumpuni. Layanan yang diberikan haruslah bermanfaat bagi publik serta bisa memecahkan permasalahan nasional", terang Thomas.

Dalam rangka mewujudkkan pelayanan prima di bidang penerbangan dan antariksa bagi masyarakat, Thomas mengharapkan LAPAN memiliki paradigma baru yaitu "Satu LAPAN", artinya ketika publik meminta informasi terkait hasil litbangyasa dari unit kerja manapun se-Indonesia, harus diterima. Selanjutnya unit kerja penerima tersebutlah yang akan menyampaikan ke unit kerja yang dimaksud.

"Pegawai LAPAN haruslah memiliki lima Sistem Nilai dasar sebagai pedoman yaitu pembelajar, rasional, konsisten, akuntabel, dan berorientasi kepada layanan publik", tambah Thomas.

Ada 4 (empat) Kompetensi Utama LAPAN yaitu Sains antariksa dan sains atmosfer, Teknologi penerbangan dan antariksa, Penginderaan jauh, serta Kajian kebijakan penerbangan dan antariksa. Terkait dengan RPJMN 2015-2019 Teknologi Penerbangan dan Antariksa LAPAN tengah mengembangkan teknologi yang mendukung arah kebijakan dan strategi nasional diantaranya teknologi satelit LAPAN A-2 dan A-3, pesawat lsu, lsa, dan n219, serta roket militer dan roket sipil.

Salah satu upaya mewujudkan visi LAPAN adalah dengan restrukturisasi organisasi (reorganisasi). Kepala LAPAN menjelaskan rencana perubahan struktur Lapan baik di tingkat pusat maupun satuan kerja. Reorganisasi bertujuan meningkatkan kinerja pegawai yang berimbas pula meningkatnya tunjangan. Diskusi dan tanya jawab menjadi penutup acara sosialisasi.

Sosialisasi renstra dan reorganisasi LAPAN di lingkungan detekgan diikuti oleh kapustekbang, kapusroket, kapusatelit, pejabat strukural, peneliti/perekayasa, serta perwakilan karyawan/karyawati dari masing-masing satuan kerja dibawah kedeputian Detekgan.