Terbang Penyegaran (Refreshing Flight) bagi Penerbang LAPAN
By admin, 04 Jul 2015
Pusat Teknologi Penerbangan berupaya untuk memiliki, membina, dan mengembangkan SDM Test Pilot untuk berbagai pesawat hasil litbang LAPAN. Penerbang LAPAN juga dituntut memiliki kemampuan scientist atau engineer selain kemampuan menerbangkan pesawat.

Sebagai upaya menjaga kesiapan dan kemampuan terbang penerbangnya, LAPAN berupaya mengadakan pelatihan berkelanjutan bagi penerbangnya. Kegiatan ini bekerjasama dengan Alfa Flying School sebagai salah satu operator pesawat Cessna 172 P dalam bidang pendidikan dan pelatihan penerbang.

Kegiatan dilaksanakan di home base Sekolah Penerbang TNI-AU, Adisumarmo, Solo, Minggu (28-04/07). Materi yang dilaksanakan pada terbang penyegaran diantaranya: basic maneuver, standard operation procedure, call out, emergency procedure, situation awareness dan short approach.

Terbang penyegaran yang dilaksanakan selama 5 jam terbang menggunakan pesawat Cessna 172 P berlangsung sukses. Febri Kendari selaku Pilot LAPAN mengharapkan latihan serupa dapat dilaksanakan secara rutin, agar kesiapan kru dapat selalu terjaga.