Menuju Roll Out N219 Pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda
By admin, 08 Sep 2015
LAPAN dan PT Dirgantara Indonesia tengah berkomitmen mewujudkan pesawat transport nasional yang sepenuhnya dirancang oleh putra putri Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan pembuatan pesawat penumpang berkapasitas 19 orang yang diberinama Pesawat N219. Pesawat N219 kelak menjadi noda transportasi utama bagi pulau-pulau di Indonesia yang tidak dapat ditempuh oleh jalur darat dan laut.

“Pesawat N219 siap Roll Out pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2015”. Hal ini disampaikan oleh Kepala Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa LAPAN, Dr. Rika Andiarti dalam acara FGD dan Monitoring Progress Kesiapan Roll out N219 di Gedung PM PT Dirgantara Indonesia, Bandung, Selasa (8/9).

Rika menjelaskan bahwa LAPAN dan PT DI sudah berkomitmen Kepada Presiden & MenristekDikti untuk melaksanakan roll out pada tanggal 28 Oktober 2015 bertepatan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda. Pada acara tersebut akan ditampilkan komponen Airworthiness N219 yang terdiri dari Fuselage, Wing, Ethernet & Control services dan komponen-komponen Class one Mockup.

Sebagai upaya untuk menumbuhkembangkan industri UKM di Indonesia, tool & panel Jig N219 merupakan hasil produksi industri kecil di area Bandung & Jateng.

Sesuai target awal, untuk prototype pesawat N219 akan memenuhi 40% TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri). Kemudian untuk jangka waktu 5 sampai dengan 10 tahun kedepan akan dinaikkan menjadi 60%. Sejalan dengan dukungan dan semangat dari Kemenperin dan Asosiasi Industri Komponen untuk mempersiapkan Airframe Part (Komponen Pesawat Terbang) buatan dalam Negeri.

Pesawat N219 ini nantinya akan menjadi perwujudan harapan anak bangsa akan pencapaian teknologi tingkat tinggi dibidang penerbangan. Dengan demikian, pesawat N219 benar-benar akan menjadi karya kebanggaan anak bangsa yang melintas di langit nusantara.