Mengenal Antariksa dan Astronomi Lewat “Star Party”
By admin, 13 Sep 2015
Sebanyak 250 orang peserta dari berbagai lapisan umur mulai dari pelajar sekolah dasar dan sekolah menengah, mahasiswa hingga masyarakat umum mengikuti kegiatan STAR PARTY II di Pusat Teknologi Penerbangan (Pustekbang) LAPAN, Rumpin, pada Sabtu-Minggu, 12-13 September 2015. Kegiatan kali ini bertema “Astronomy and Aeronautic” dan berlangsung dari Sabtu siang hingga Minggu pagi. Waktu tersebut dipilih untuk bisa mengamati matahari di sore hari, kemudian dilanjutkan dengan mengamati rasi bintang maupun planet saturnus di malam hari.

Kegiatan ini diawali dengan penerimaan oleh Kepala Pustekbang Gunawan Setyo Prabowo yang menyambut baik kegiatan ini. Ia mengatakan, para peserta bisa memanfaatkan area Pustekbang LAPAN Rumpin yang luasnya sekitar 80 hektar dengan sebaik-baiknya. Selanjutnya, secara berturut-turut disampaikan pemaparan tentang LAPAN, profil Pustekbang serta stasiun bumi penerima data satelit yang disampaikan oleh Kepala Bagian Humas LAPAN Jasyanto, Peneliti dari Pustekbang Sunar, serta Peneliti dari Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) LAPAN Anshari Akbar. 

Para peserta juga diajak untuk meninjau fasilitas di Pustekbang yaitu Laboratorium Aerostruktur, Laboratorium Avionik dan Stasiun Bumi Penerima Data Satelit. Setelah itu, para peserta bersiap untuk aktivitas pengamatan benda langit memakai teleskop pengamatan. Yang pertama diamati pada sore hari adalah matahari. Setelah itu para peserta masing-masing mendapatkan lembar catatan (log book) untuk aktivitas pengamatan berikutnya pada malam hari yaitu pengamatan planet saturnus dan rasi bintang.

Di sela-sela dua pengamatan tersebut, peserta juga dibekali dengan pengenalan piranti lunak astronomi, astrofotografi dasar, perakitan teleskop dan bedah film astronomi. Semua kegiatan ini diikuti dengan antusias yang tinggi dari peserta. Pada Minggu pagi sebelum Star Party berakhir, peserta masih memiliki kesempatan untuk mengamati benda langit dan matahari. 

Star party adalah kegiatan pengamatan dan peneropongan umum yang merupakan kegiatan rutin dari Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ). Kegiatan ini bertujuan menambah pengalaman dan wawasan peserta terhadap ilmu astronomi, penerbangan maupun keantariksaan.